5 Sep 2019

Aksara Institute Adakan Kelas Literasi Media VI

Aksara Institute kembali mengadakan Kelas Literasi Media tahun ini, sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2015. Kelas yang memasuki angkatan ke-6 ini akan dimulai pada 5 Oktober hingga 30 November 2019 atau total delapan kali pertemuan, setiap hari Sabtu.
 
Pertama kali diselenggarakan September 2015, program ini bernama The Writer’s Workshop. Namun mulai angkatan kedua, namanya berubah menjadi Kelas Literasi Media hingga sekarang.

Dari waktu ke waktu, pendaftar Kelas Literasi Media selalu meningkat. Bagi Aksara, hal ini menunjukkan bahwa animo masyarakat mengikuti program literasi media sangat tinggi. Hal itulah yang menyebabkan, Aksara menambah kuota peserta Kelas dari 20 orang peserta, menjadi 25 orang, dan saat ini menjadi 40 orang peserta.

Di Kelas ini, peserta akan mempelajari sejumlah topik terkait literasi media yaitu bahasa Indonesia jurnalistik, etika dan regulasi media, penulisan dan pembingkaian berita, informasi palsu dan verifikasi, serta berekspresi di media sosial.

Peserta yang berkomitmen mengikuti delapan kali pertemuan juga akan mendapatkan sertifikat yang diterbitkan Aksara. Sementara itu, mulai tahun ini, bagi peserta yang urung mengikuti Kelas dari awal hingga akhir, harus memberi kontribusi bagi Aksara Institute.

Hal itu tercantum dalam perubahan persyaratan bagi para pendaftar. Menurut pendiri Aksara, Rosmiyati Dewi Kandi, perubahan ini sangat penting agar para pendaftar bertanggung jawab dan berkomitmen mengikuti delapan sesi di Kelas, termasuk mengerjakan tugas dan pelatihan yang diberikan.

Perubahan tersebut yaitu, para pendaftar diminta untuk memilih kontribusi apa yang akan mereka berikan kepada Aksara jika mereka tidak benar-benar komitmen mengikuti Kelas. Pilihan kontribusi dimaksud dapat dilihat di formulir pendaftaran daring.

“Kelas ini gratis buat semua orang, yang daftar banyak sekali, sampai ratusan, bahkan pernah hampir seribu orang, sementara kuota hanya 40. Makanya kami buat aturan, peserta yang enggak hadir selama delapan kali, wajib ngasih kontribusi untuk Aksara Institute,” kata Kandi.

Tujuan utama Kelas ini adalah agar masyarakat yang awam tentang jurnalisme memiliki pemahaman yang cukup untuk mengetahui proses informasi diproduksi menjadi berita, cara kerja redaksi media, hingga belajar menulis jurnalistik.

Aksara Institute menganggap poin ini penting mengingat masyarakat luas, dengan segala latar belakang, setiap saat berinteraksi dengan media baik media cetak, televisi, radio, dan terutama dalam jaringan [daring].

Bagi yang ingin mendaftar untuk KLM angkatan VI, silakan ikuti syarat berikut ini:

1. Boleh siapa saja, latar belakang pendidikan dan pekerjaan apapun, usia minimal 18 tahun. Peserta Kelas Literasi Media Angkatan I-V yang nekat daftar lagi, enggak akan jadi peserta angkatan VI.
2. Wajib mengikuti [follow] akun media sosial Aksara Institute [Instagram, Twitter, Facebook].
3. Mengisi formulir pendaftaran di Kelas Literasi Media Angkatan VI.
4. Wajib menuliskan alasan mengikuti Kelas Literasi di akun media sosial masing-masing dengan menyebut atau menandai [mention/tag] akun media sosial Aksara Institute.
5. Calon peserta yang sudah isi formulir pendaftaran berarti menyetujui setiap penjelasan dan komitmen mengikuti Kelas ini. [aks]

 

Leave a Reply