16 Jun 2020

Aksara Adakan Kelas Daring Literasi Media untuk Peserta non-Jabodetabek

Kepala Program Aksara Institute Herita Endriana mengungkapkan bocoran materi yang akan disampaikan dalam Kelas Daring Literasi Media Angkatan I.

Aksara Institute mengadakan Kelas Literasi Media (KLM) di dalam jaringan (daring) untuk pertama kalinya tahun ini. Program yang dinamakan Kelas Daring Literasi Media (KDLM) tersebut ditujukan bagi para peserta di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang selama ini tidak bisa mengikuti program reguler tatap muka KLM.

Lebih jelasnya, ada empat perbedaan mendasar antara KLM—yang tahun ini memasuki angkatan ketujuh—dan KDLM. Pertama, KDLM diselenggarakan melalui aplikasi Zoom. Kedua, hanya ditujukan bagi peserta non-Jabodetabek.

Ketiga, durasi KDLM sebanyak lima kali pertemuan, sementara KLM delapan kali. Keempat, karena hanya lima kali pertemuan dan dilakukan daring, peserta harus menghadiri seluruh pertemuan tanpa terkecuali. Sedangkan peserta KLM, dibolehkan tak hadir satu kali dari total delapan kali kelas.

Kepala Program Aksara Institute Herita Endriana mengatakan, KDLM akan menjadi program reguler pertama Aksara yang secara spesifik hanya ditujukan bagi peserta di luar Jabodetabek. Selama ini, Aksara memiliki keterbatasan untuk melibatkan peserta mengikuti KLM yang biasanya bertempat di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta.

“KDLM ini ada karena beberapa kali ada permintaan untuk itu. Kami pikir, kelas daring bisa menjadi solusi yang praktis, tapi tetap berkualitas untuk memenuhi permintaan tersebut,” kata Herita.

Herita menjelaskan, karena durasi KDLM lebih singkat, materi-materi yang dipilih adalah yang dianggap paling penting sebagai dasar literasi media bagi masyarakat. Materi tersebut juga sudah termasuk topik yang dekat dengan keseharian masyarakat sebagai pembaca dan penonton produk media massa.

Editor Koran SINDO dan Sindonews.com itu juga memberikan bocoran, materi-materi apa saja yang akan didapatkan peserta selama mengikuti KDLM Angkatan I.

Pekan I, materi Etika Jurnalistik, Bahasa Indonesia Jurnalistik, dan Analisis Berita. Pekan II, Jurnalisme Data dan Teknik Wawancara. Pekan III, Berinteraksi di Media Sosial. Pekan IV, Penulisan Berita dan Feature. Pekan terakhir, Pembahasan Praktik Menulis dan Evaluasi. Meski pun pembahasan praktik menuils dilakukan di akhir, para peserta akan diminta terus melakukan praktik menulis sesuai dengan tugas yang diberikan para mentor.

Kapan pendaftaran KDLM Angkatan I akan dibuka? Tunggu informasi lebih lanjut di akun-akun media sosial Aksara Institute! (fau/aks)

1 Response

Leave a Reply