18 Mei 2017

Kirim Buku ke seluruh Indonesia Kini Gratis

Presiden Joko Widodo merealisasikan janji untuk menggratiskan pengiriman buku ke seluruh pelosok Indonesia. Kirim buku ke seluruh Indonesia kini gratis dari dan ke wilayah mana saja melalui PT Pos Indonesia (Persero), pada tanggal 17 setiap bulan.

“Bulan ini (Mei) tanggal 20. Setiap bulan selanjutnya tanggal 17,” kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (17/5), mengutip CNNIndonesia.com.

Presiden sebelumnya menjanjikan hal tersebut saat bertemu dengan para pegiat literasi di Istana Negara, Jakarta, 2 Mei 2017—bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Ilustrasi buku. (Pixabay.com)

Ketika itu, para pegiat literasi melaporkan kepada Presiden, bahwa pembagian buku belum merata di daerah lantaran biaya pengiriman ke pelosok dan daerah terluar Indonesia cukup tinggi.

“Kami harapkan memperkuat minat baca karena buku sampai daerah bisa lebih murah. Kami tahu ongkos kirim dari kota ke desa, Jawa ke luar Jawa lebih mahal dari bukunya,” kata Presiden.

Cerita tentang biaya pengiriman buku yang mahal pernah dituturkan Elvera Nuriawati Makki, pendiri Taman Bacaan Anak Lebah. Dikutip dari BBC Indonesia, taman bacaan ini memiliki setidaknya 20 cabang, 19 di antaranya berada di wilayah timur Indonesia.

Kak Vera, sapaan akrab Elvera, mengatakan pengiriman buku ke kawasan timur Indonesia kerapkali terkendala biaya. Kak Vera mencontohkan, harga pengiriman tiga kardus penuh berisi buku mencapai Rp2,7 juta.

“Padahal harga seluruh buku di kardus itu hanya mencapai Rp900 ribu,” ujar Kak Vera.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Pertimbangan Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI) Setia Dharma Madjid, masih mengutip BBC Indonesia. Biaya pengiriman buku tersebut menjadi salah satu faktor yang memengaruhi ketersediaan buku di pelosok Indonesia.

“Jangkauan buku sampai ke tingkat ujung pedesaan itu terbatas. Makin jauh dari Pulau Jawa, maka harga buku semakin mahal karena ongkos distribusi dan sebagainya,” kata Setia. (aks/dka)

Leave a Reply