9 Jun 2017

Menjaga Anak-Anak Tetap Sehat di Dunia Maya

Sepuluh tahun lalu, barangkali anak-anak hanya mampu mengirim pesan singkat lewat ponsel atau SMS. Itupun lewat ponsel orang tua. Kini, mereka nyaris bisa melakukan segalanya. Berselancar ke berbagai web, menelusuri pelbagai macam konten lalu membagi ke teman-teman sepermainan. Semua dilakukan lewat ponsel masing-masing.

Fenomena ini tak bisa begitu saja diabaikan orang tua. Selaku pendidik di rumah, orang tua sudah semestinya tak hanya mengawasi, tetapi juga menjelaskan. Mulai muatan setiap web hingga dampak negatifnya terhadap anak-anak. Orang tua sudah selayaknya semakin peduli.

Ilustrasi. (Pixabay.com/sasint)

Kepedulian serupa juga ditunjukkan Google, yang baru meluncurkan program bertajuk “Be Internet Awesome.” Lewat “Be Internet Awesome,” raksasa pencari web itu ingin mengajak orang tua setia menavigasi dunia peselancaran maya anak-anak.

Be Internet Awesome” menyerukan lima kunci utama internet sehat bagi anak-anak. Kelimanya adalah cerdas menggunakan Internet, tak terjerumus dalam hoaks, melindungi informasi pribadi, berhubungan baik dengan sesama pengguna serta yang terakhir, berani dan mau bertanya saat meragukan hal-hal di Internet.

Supaya anak-anak tetap sehat dan melek teknologi, Google turut meluncurkan program permainan berbasis daring Interland. Aksesnya tak dipungut biaya. Bebas dimainkan siapa saja dan yang terpenting: kontennya terkait hal-hal imajiner yang menarik sekaligus mencerdaskan anak-anak. (aks/iks)

Leave a Reply