22 Jun 2017

The Mirah Hotel, Tempat Alternatif Buka Puasa di Bogor

Selama bulan Ramadan, aktivitas buka puasa bersama keluarga dan kolega di luar rumah sudah menjadi kebiasaan rutin. The Mirah Hotel yang terletak di Jalan Pangrango, Bogor, Jawa Barat, menjadi salah satu tempat alternatif yang menyediakan paket personal untuk berbuka.

Saat ini, hotel memang menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk berbuka puasa, selain berbagai pusat perbelanjaan dan kafe.

Salah satu menu di Mirage Garden Resto, The Mirah Hotel, Bogor. (Aksara Photo)

The Mirah Hotel menawarkan harga paket Rp109 ribu per tamu untuk dapat menikmati menu prasmanan. Menu takjil unggulan yang hanya disajikan selama bulan puasa pun memenuhi meja-meja resto, seperti mi glosor dan gorengan.

Edi, Supervisor Restoran The Mirah Hotel, menjelaskan mereka justru lebih banyak menerima tamu berbuka puasa pada saat hari kerja. “Biasanya mereka langsung ke sini setelah pulang bekerja karena tamu kami lebih banyak dari corporate,” ujar Edi saat diwawancarai di Bogor, Senin (19/6).

Mirage Garden Resto, The Mirah Hotel, Bogor, menyediakan berbagai menu berbuka puasa. (Aksara Photo)

Selama bulan puasa tahun 2017, tamu yang memesan paket berbuka puasa mencapai 600 orang yang terbagi dalam tiga ruang makan, yaitu Canary, Mirage Garden, dan Megamendung. “Biasanya personal lebih banyak di Canary, sedangkan tamu hotel di Mirage Garden,” ujar Tiara, pelayan perempuan di The Mirah Hotel.

Untuk urusan dapur, hotel ini mempercayakan kepada satu executive chef dan staf yang berjumlah sekitar 12 orang. Untuk pemesanan paket berbuka, tamu tidak dapat memilih menu. Pemilihan menu diserahkan kepada executive chef.

“Biasanya rolling menu dilakukan setiap minggu, dan penentuan menu sudah dilakukan sebulan sebelumnya,” ujar Edi.

Buah-buahan segar juga dihidangkan di Mirage Garden Resto, The Mirah Hotel, Bogor. (Aksara Photo)

Bagi tamu yang menginap di hotel, selain menyediakan menu makanan saat sahur dan berbuka, The Mirah Hotel juga tetap menyediakan makanan untuk sarapan.

“Karena tidak semua tamu hotel menjalankan puasa,” kata Edi.

Selain itu, ada dua menu andalan hotel bintang tiga tersebut yang wajib dicoba: sop buntut dan nasi goreng Mirah.

“Dua menu tersebut diracik secara khusus dengan bumbu yang rasanya lebih berani dan komplit,” kata Edi.

Ada salad yang juga menjadi menu sehari-hari di Mirage Garden Resto, The Mirah Hotel, Bogor. (Aksara Photo)

Edi mengatakan, kekhususan meracik bumbu dua menu andalan tersebut terletak pada pilihan bumbu tradisional dan takarannya. Meski tak secara spesifik menyebutkan bumbu apa saja yang dimaksud, Edi menyebut bahan-bahannya dari daerah Jawa Barat.

The Mirah Hotel juga memiliki 10 menu favorit, di antaranya sop iga, gado-gado, hainam chicken rice, sirloin, tenderloin, dan sate ayam.

 

 

Berita ini ditulis oleh Rindias Helenamartha Fatmasari, akrab disapa Ririn. Penulisan berita ini merupakan bagian dari praktik langsung dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penulisan Berita Jurnalistik yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbangfilm) Kemdikbud dengan Aksara Institute, 18-20 Juni 2017. Saat ini, Ririn menjadi Pengelola Laman di Inspektorat Jenderal Kemdikbud.

Leave a Reply