19 Jun 2017

Program Aksara Institute

Aksara Institute memiliki tiga program utama yaitu pelatihan, publikasi, dan riset, yang dijalankan oleh para pengajar, pegiat, dan relawan.

PROGRAM PELATIHAN (TRAINING)

Pelatihan merupakan serangkaian aktivitas yang terdiri dari diskusi, brainstorming, serta praktik langsung. Program pelatihan yang diselenggarakan Aksara Institute terdiri dari:

1. Kelas Literasi Media (Media Literacy Class)
2. Kelas Media Relasi (Media Relations Class)
3. Jurnalistik untuk Pemula (Basic Journalism)
4. Jurnalistik untuk Tingkat Lanjut (Advance Journalism)
5. Foto dan Video Jurnalistik (Multimedia Journalism)
6. Penulisan Kreatif (Creative Writing)

Termasuk dan tidak terbatas pada kelas pelatihan lainnya yang tercakup dalam bidang jurnalisme dan media, relasi media, dan penulisan kreatif, di antaranya pelatihan pengenalan kartikatur, membuat infografik, kelas untuk kehumasan, serta kelas pelatihan membuat naskah film pendek dan dokumenter.

Sejak beraktivitas tahun 2014, Aksara Institute telah menyelenggarakan sejumlah kegiatan untuk Program Pelatihan yaitu:

1. Kelas Literasi Media
Telah diselenggarakan sebanyak tiga angkatan yaitu periode September-November 2015; 6 Februari-26 Maret 2016; dan 7 Januari-25 Februari 2017; serta angkatan IV akan dilaksanakan pada 12 Agustus-30 September 2017.

Materi Kelas Literasi Media terdiri dari bahasa Indonesia jurnalistik, etika jurnalisme, teknik wawancara dan pengumpulan data, penulisan berita, feature, dan laporan mendalam. Setiap pelatihan penulisan dilakukan dengan praktik langsung.

2. Bulan Diskusi Aksara
Aksara telah melaksanakan tiga kali diskusi dengan Memahami Kerja Jurnalis dan Media pada September 2015; Meliput Peristiwa Bencana & Konflik, November 2015; dan Kerja Jurnalis dalam Isu Kebakaran Hutan dan Lahan, April 2016. Diskusi lainnya sedang dalam perencanaan.

3. Pelatihan Junalistik dan Manajemen Media
Kegiatan ini diselenggarakan atas permintaan Homeschooling Kak Seto (HSKS). Dilaksanakan selama tiga kali pertemuan yaitu 14 Maret, 21 Maret, dan 28 Maret 2016 di HSKS, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Peserta pelatihan ini adalah siswa-siswi di HSKS dengan target menerbitkan majalah tahunan sekolah.

4. Bimbingan Teknis Penulisan Berita Jurnalistik
Pelatihan ini diselenggarakan atas permintaan Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada 18-20 Juni 2017 di Bogor, Jawa Barat. Peserta adalah para pegawai di bidang publikasi.

PROGRAM PUBLIKASI (PUBLICATIONS)

Program ini terdiri dari:

1. Menulis untuk Konten Website (Writing for Website Content)
2. Menulis untuk Buku (Writing for Book)
3. Menulis untuk Studi dan Riset (Writing for Study and Research)
4. Menulis untuk majalah internal dan terbitan lainnya (Writing for In-house Magazine and Other Publications)

Kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply