10 Sep 2015

Dari Palu ke Jakarta Demi Ikut Kelas Menulis Aksara

Pekan pertama pelaksanaan program The Writer’s Workshop akhirnya tiba. Berkali-kali dering telepon Aksara menemani persiapan di sebuah ruang yang tenang di lantai 2 Rumah Harapan Valencia Care Foundation (VCF), Tebet, Jakarta Selatan, hari itu, 6 September 2015.

Jarum jam menunjuk angka 11 lebih 55 menit. Suara di seberang telepon menanyakan detail rute menuju Rumah Harapan VCF. Setelah itu, satu per satu peserta The Writer’s Workshop tiba di lokasi.

Yang pertama tiba adalah seorang peserta asal Palu, Sulawesi Tengah. Dalam perkenalan singkat saat acara dimulai pukul 13.30 WIB, dia mengenalkan diri bernama Mohammad Rifai M Hadi.

Kredit foto: peserta

Para pesert The Writer’s Workshop Angkatan I. (Dok. Istimewa)

“Saya baru kali ini ke Jakarta, khusus datang untuk ikut pelatihan ini. Saya ingin dapat ilmu tentang menulis investigasi,” katanya.

Pemateri dan peserta lain keburu takjub dengan penuturannya: datang hanya untuk ikut program Aksara!

Ucapan Hadi mengundang decak kagum dan tepuk tangan. Pemateri pun dibuat kaget. Tak menyangka ada yang sangat tertarik dengan program bertajuk “Mempelajari Praktik Menulis dalam Dunia Jurnalis” ini.

Program yang akan berlangsung hingga 29 November mendatang ini membuat Hadi harus menyewa kamar kos di Jakarta. Aktivitas anak muda kelahiran tahun 1988 ini adalah menjadi pegiat di sebuah lembaga swadaya masyarakat dan bertanggung jawab untuk bidang advokasi dan kampanye.

Tak hanya Hadi, peserta lain pun memotivasi para pemateri untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman yang berguna selama periode workshop. Dari 25 peserta yang mengonfirmasi, 19 di antaranya hadir.

Workshop pekan pertama dengan materi Bahasa Indonesia Jurnalistik berjalan dengan antusiasme peserta dan pemateri. Minggu depan, 13 September, materi yang akan disampaikan adalah “Etika dan Regulasi Media”.

Selamat belajar dan menulis!

0 Response

  1. denik

    Iya benar…peserta dari Palu ini semakin menyulut semangat untuk menimba ilmu.Jarak,waktu dan usia tak boleh dijadikan alasan untuk malas belajar.Semangat…semangat….!!

  2. Salam kenal Aksara Institute..sy tertarik sekali untuk bergabung dalam workshop yang diadakan oleh Aksara Institute. Bagaimana caranya ya? Mohon jawabannya karena sy penulis pemula yang butuh sekali ilmu. Terima Kasih.

    1. Salam kenal. Program The Writer’s Workshop akan kembali dilaksanakan dlm bbrp waktu mendatang. Info selanjutnya kami sampaikan lewat Twitter, Facebook, dan tentu saja blog ini. Ditunggu ya 🙂

Leave a Reply